Bacaan Sholat Tahajud


Dari berbagai amal ibadah sunnat kaum Muslimin yang memiliki banyak keutamaan, manfaat dan keistimewaan, maka salah satunya adalah Shalat Tahajud yang sudah dikenal dan tersebutkan memiliki keutamaan dibandingkan shalat sunnat yang lain.


Dari sekian banyak ayat-ayat Al Quran dan hadist-hadist Rasulullah, maka berikut ini adalah beberapa petikan manfaat atau faedah serta keutamaan dari Shalat Tahajud diantaranya dijelaskan dibawah ini:



  • Orang yang menunaikan ibadah sunnat Shalat Tahajud akan diangkat oleh Allah ke tempat yang terpuji sebagaimana janji Allah SWT: Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.(QS. Al-Isra: 79)
  • Memudahkan dan mempercepat tercapainya keinginan dan hajad serta menghadirkan rasa aman. Rasulullah SAW bersabda: "Ketahuilah sesungguhnya Allah tertawa terhadap dua orang laki-laki: Seseorang yang bangun pada malam yang dingin dari ranjang dan selimutnya, lalu ia berwudhu dan melakukan shalat. Allah berfirman kepada para malaikat-Nya, 'Apa yang mendorong hamba-Ku melakukan ini?' Mereka menjawab, 'Wahai Rabb kami, ia melakukan ini karena mengharap apa yang ada di sisi-Mu.'" Allah berfirman, "Sesungguhnya Aku telah memberikan kepadanya apa yang ia harapkan (cita-citakan) dan memberikan rasa aman dari apa yang ia takutkan." (HR Ahmad)
  • Meningkatkan aura ketampanan/kecantikan sebagaimana sabda Rasulullah SAW: "Barang siapa yang banyak menunaikan shalat malam, maka wajahnya akan terlihat tampan atau cantik di siang harinya." (HR Ibnu Majah)
  • Mendapatkan kebaikan dan rahmat Allah serta dijanjikan Surga-Nya, sesuai dengan Firman Allah: Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (surga) dan di mata air-mata air, sambil mengambil apa yang diberikan kepada mereka oleh Tuhan mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat baik; Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam; Dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah). (QS Az-Zariyah: 15-18)
  • Sebagai penghapus keburukan dan pencegah dosa serta penangkal penyakit di badan dan penjaga kesehatan. Rasulullah SAW bersabda kepada Salman al-Farisi: "Hendaklah kamu melaksanakan qiyamullail karena qiyamullail itu adalah kebiasaan orang-orang shalih sebelum kita, sarana pendekatan kepada Allah, penghapus keburukan, pencegah dosa dan penangkal penyakit di badan." (HR. A-Tabarani dan Al-Hatsami)
Itu hanya sedikit dari begitu banyak rahasia Shalat Tahajud yang lainnya seperti menghindarkannya dari kesepian dialam kubur, setiap perkataannya mengandung arti dan dituruti oleh orang lain, akan mendapatkan perhatian dan kecintaan dari orang-orang yang mengenalinya, mengharumkan bau tubuh,  keselamatan dan kesenangan di dunia dan akhirat, wajahnya akan memancarkan cahaya keimanan, akan dipelihara oleh Allah dirinya dari segala macam marabahaya,  dibangkitkan dari kuburnya dengan wajah yang bercahaya, diberi kitab amalnya ditangan kanannya, dimudahkan hisabnya, dan berjalan di atas shirat bagaikan kilat, menjaminkan baginya kebutuhan hidup, dan juga menjadi hiasan surga.



Adapun Waktu pelaksanaan shalat tahajjud dimulai setelah isya' sampai sebelum masuknya waktu Subuh, dengan pembagian sebagai berikut :
1. Sepertiga malam pertama : dari mulainya waktu Isya sampai dengan jam 22.00 2. Sepertiga malam kedua. Dari jam 22.00 sampai 01.00 3. Seperti malam ketiga/terakhir. Dari jam 01.00 sampai sebelum masuknya waktu subuh. Dari semua penjelasan diatas, maka ada satu point penting yaitu bahwa setiap Tahajud pastilah sholat malam, dan shalat malam belum tentu sholat tahajud. Hal yang membedakan Tahajud dengan sholat malam lainnya adalah sholat tahajud harus dilakukan setelah bangun tidur.
Tata Cara & Bacaan Doa Shalat Tahajud
* Membaca Niat Sholat Tahajud :
 أُصَلِّي سُنّةَ التَهَجُدِ رَكْعَتَيْنِ ِللَهِ تَعَاليَ
Latin: Ushallii sunnatat-tahajjudi rak'ataini lillaahi ta'aalaa
Artinya: Aku niat shalat sunat tahajud dua rakaat karena Allah.

* Untuk tata cara shalat Tahajud sama seperti sholat pada umumnya baik sholat Wajib maupun sunnat. Jumlah rakaat tidak dibatasi, namun dianjurkan untuk melakukannya secara 2 rakaat - 2 rakaat sebagaimana hadist nabi:

عن ابن عمر رضي الله عنهما أنه قال: قام رجل فقال يا رسول الله كيف صلاة الليل، قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: صلاةُ اللَيل مَثْنَى مثنى
Artinya: "Seorang laki-laki berdiri (di depan Nabi) dan bertanya, 'Wahai Nabi, bagaimana cara shalat malam?' Nabi menjawab, 'Sholat malam itu dua (rakaat) dua (rakaat)."(HR. Muslim)

* Setelah selesai Tahajud bisa diakhiri dengan sholat sunat Witir.


* Tidak ada doa khusus untuk ibadah ini, dengan artian anda bebas berdoa sesuai dengan yang diinginkan, namun berdasarkan yang dicontohkan Nabi biasa membaca doa berikut :

اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ، وَلَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَنْتَ إِلٰهِيْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ
Latin: Allahumma lakal hamdu Anta nuurussamaawaati wal ardhi wa man fiihinna. Walakal hamdu Anta Qoyyimussamaawaati wal ardhi wa man fihinna. Walakal hamdu Anta robbussamaawaati wal ardhi wa man fiihinna Walakal hamdu Anta mulkussamaawaati wal ardhi wa man fiihinna Walakal hamdu Anta mulikussamaawaati wal ardhi Walakal hamdu, Antal haqqu wa wa’dukal haqqu, wa qoulukal haqqu, wa liqoo ukal haqqu. Waljannatu haqqun wannaaru haqqun Wannabiyyuuna haqqun, wa Muhammadun haqqun, wassaa ‘atu aqqun. Allahumma laka  aslamtu. Wa ‘alaika tawakkaltu. Wabika aamantu. Wa ilaika aanabtu. Wabika Khooshomtu. Wa ilaika haakamtu. Faghfirliiy maa qoddamtu wa maa akhkhortu. Wa maa asrortu wa maa a’ lantu. Antal muqoddimu wa Antal mu akhkhiru. Laa ilaa ha illaa anta Anta ilaahii Laa ilaaha illaa Anta.

Artinya: Allah! Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya. Bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, Surga adalah benar (ada), Neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari- Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar. Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum. Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau.


Itulah gambaran singkat seputar Niat, bacaan dan doa Sholat Tahajud beserta tata caranya. Semoga bermanfaat bagi anda semuanya. 
Share on Google Plus

About Aries Venus

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar